Haha…. sudah 6 bulan aku menghilang. Dan kini kembali lagi. DUENG! Ok, cukup basa-basinya.

Mirai Nikki adalah salah satu anime yang selalu aku tunggu-tunggu. Hua… aksi pembunuhannya itu loh keren euy! Anime ini mangangkat dari sebuah manga yang berjudul sama dan dari seorang mangaka yang bernama Esuno Sakae. Wih, kategori yang diangkat adalah supernatural, shounen, aksi, psikolog, romantis, kehidupan sekolah dan ditambahkan dengan sedikit bumbuhan ecchi. Biar lebih segar dan gak terlalu kaku dengan full darah dan penuh aksi yang menggila itu. Hoho…

Pemeran utama disini adalah seorang cowok yang bernama Amano Yukiteru atau sering dipanggil dengan sapaan Yuki. Dia adalah tipe cowok penyendiri dan pastinya tidak pernah berinteraksi dengan seorang pun kecuali dengan ponsel nya untuk menulis jurnal hariannya setiap apa yang ia lihat disekelilingnya serta teman imajinasinya, Deus Ex machina. Deus adalah seorang Dewa waktu dan ruang baginya.

Akan tetapi, tiba-tiba saja Deus seolah-olah nyata. Yups, dan pastinya Yuki menyadarinya. Bayangkan saja, Deus membuat sebuah rencana yaitu membuat sebuah permainan yang ia namakan “Game Diary”.

Dalam permainan ini, ada sekitar 12 pemain yang telah Deus pilih, termasuk Yuki. Dan pada permainan ini, masing-masing pemain memiliki sebuah buku harian yangmana bisa memprediksi apa yang akan terjadi di masa depan. Dan bagian yang paling menarik disini adalah, masing-masing buku harian itu memiliki karakter untuk memprediksi masa depan yang berbeda-beda, lho…

Misal, buku harian milik Yuki atau pemain pertama memprediksikan tentang berbagai hal di sekelilingnya, bukan dirinya sendiri. Seperti, besok waktunya ulangan matematika dadakan. Dia tau semua jawabannya (entah benar atau tidak, aku gak tau). Dan banyak hal deh. Ada yang tipe detektif, jadi kalau ada masalah, buku hariannya akan memberikan peringatan bahwa ada kasus, dan lain sebagainya.

Oh ya, buku harian yang mereka miliki rata-rata berbentul mirip ponsel aka HaPe. Tapi ada juga yang berbentuk gulungan, buku bergambar hingga buku harian suara. Dan buku harian tersebut pastinya memiliki keuntungan dan kerugian masing-masing pihak pemain. Hum….

Oh ya, waktu bermaina ada sekitar 90 hari, lho… Dan para kontestan harus berusaha untuk saling membunuh, bertahan, dan merubah nasibnya yang sudah terjadwal oleh masing-masing buku harian mereka. Em, biasanya sih buku harian mereka akan menuliskan DEAD END yang berarti dia akan mati pada waktu yang telah ditentukan saat itu. Wih… ngeri. Kalau gitu, mereka akan mati dan game over dari permainan ini. GILA!

Tapi, kalau mereka menang, Deus akan memberi mereka gelar sebagai Dewa Ruang dan Waktu yang baru. Oh ya, dengar-dengar sih kalau menang, dia akan dibekali kekuatan untuk menghidupkan kembali seseorang yang paling ia sayangi dan cintai. Ah, co cweet…

Nah, pada episode pertama, Yuki berusaha untuk mencari sekutu dan teman-teman untuk membantunya agar bisa lolos dari kematian. Dan akhirnya ia sempat takut bahwa seorang pemegang buku harian / pemain yang bernama “kedua” atau Gasai Yuno (panggilannya Yuno), yang awal kali ia pikir bahwa Yunolah yang akan mengakhiri hidupnya, tapi beralih menjadi dewa penolongnya. Gadis bernama Yuno ini ternyata diam-diam mencintai Yuki dan karakter buku harian yang ia miliki adalah “berisi tentang apapun yang Yuki lakukan”. Dan pada kisah pertama, pemain yang bernama “ketiga” atau ternyata adalah gurunya sendiri, berakhir game over karena taktik Yuno dan Yuki yang bekerja sama.

Sayangnya, Yuno selalu GILA! Tak peduli seberapa biaya menakutnya dia, barang-barang tajam dan kegilaan Yuno itu membuat Yuki takut. Tapi kembali lagi dong. YUNO  JUGA PEMAIN. Walaupun dia cinta mati dengan Yuki, apa harus dipercaya? Setiap orang ingin menang, ya kan?😉

Daripada capek baca risensi ku yang panjang melebar ini? Mendingan nonton dan baca langsung saja ceritanya!

Manga

http://www.mangapark.com/manga/Mirai-Nikki

http://www.mangapark.com/manga/Mirai-Nikki-Paradox-1 (Menceritakan tiap karakter)

http://www.mangapark.com/manga/Mirai-Nikki-Mosaic-1 (Menceritakan tentang Akise Aru, seorang detektif cilik yang ikut terlibat, tapi dia bukan seorang pemegang buku harian)

Nonton anime bahasa Indonesia http://animeindo.net/series/mirai-nikki